Kuliner

Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang –┬áDikenal sebagai kota Jamu, Semarang juga menyimpan banyak wisata kuliner yang menggugah selera. Ada yang digoreng, direbus, hingga cemilan lezat semuanya bisa dicicipi saat Anda melancong kesana. Tapi yang paling nikmat dan membuat ketagihan adalah makanan khas Semarang berkuah dengan rempah ikoniknya. Penasaran, ini delapan diantaranya!

Kuliner Khas Semarang

1. Nasi Gandul

Yang membuat nasi gandul Semarang berbeda dari nasi gandul daerah lain adalah kuah gulai sapinya yang kaya rasa. Cara penyajiannya adalah dengan menyiramkan kuah gulai keatas nasi putih hangat, kemudian dimakan bersama lauk seperti babat, lidah, atau jeroan sapi yang digoreng.

Untuk sensasi segarnya Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis, kemudian tambahan sambal untuk pecinta pedas. Dimana bisa mencicipi makanan khas Semarang yang enak ini? Anda bisa datang ke Jalan Dr. Cipto Nomor 12 Kebonagung. Jangan lupa bawa uang sekitar Rp. 15.000, untuk merasakan kelezatan satu porsi nasi ini.

2. Nasi Pindang

Jangan harap Anda akan menemukan ikan pindang di dalam makanan ini, karena hanya namanyalah nasi Pindang. Sedangkan isinya adalah daging sapi berkuah dengan rempah utamanya adalah daun melinjo dan kluwek. Saat disajikan akan mirip soto berkuah coklat pekat dengan beberapa lembar daun melinjo di atasnya.

Anda bisa menemukannya di Jalan Stadion Selatan Karangkidul, dengan harga berkisar Rp. 11.000/porsinya tidak mahal dan mengenyangkan.

3. Wedang Tahu

Cukup dengan membayar Rp. 6.000 saja Anda bisa menikmati kuliner berbahan kembang tahu yang diberi kuah gula merah dicampur jahe cincang. Aroma jahe yang kuat dan rasa pedas bercampur manis membuat wedang jahe diburu saat udara dingin, karena mampu membuat badan tetap hangat.

4. Soto Bangkong

Satu lagi nama kuliner Semarang yang tak sesuai dengan komposisinya, karena Anda hanya akan menemukan potongan daging ayam di dalam soto ini bersama bahan lainnya. Tidak ada daging katak atau bangkong, sebab penamaannya hanya karena soto ini berada di kawasan dekat kantor pos daerah Bangkong Semarang.

Baca juga: Game memasak terbaik di Android

5. Mangut Welut

Makanan berkuah ini berbahan utama belut dengan kuah mangut yang sensasional itu. Biasanya disajikan dengan nasi hangat untuk sarapan atau makan malam. Anda bisa menemukannya di beberapa lokasi di pusat Kota Semarang. Harganya hanya berkisar belasan ribu rupiah, jadi murah meriah tapi bikin kenyang.

6. Mie Kopyok

Mie kuning dengan kuah gurih bertabur daging sapi dan kerupuk gendar ini, juga jadi salah satu makanan khas Semarang enak yang dicari pelancong. Rasanya sangat enak, apalagi kalau sudah dipadukan dengan sambal khas Semarang. Penjual paling enak adalah abang gerobak keliling yang siap mempersembahkan seporsi mie kopyok seharga Rp. 12.000 saja.

7. Garang Asem

Kalau makanan yang satu ini dijamin sangat segar dan bisa membuat mata melek! Perpaduan daging ayam dan rempah lengkapnya, plus potongan tomat segar di dalam daun pisang membuat sensasi rasa yang super enak setelah dikukus. Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah kesegarannya atau pesan dengan jumlah cabai sesuai selera.

8. Soto Semarang

Bukan Semarang namanya kalau tidak punya makanan khas Jawa Tengah yang namanya soto. Beda soto di kota atlas ini dengan daerah lain adalah kuahnya yang sangat gurih dan taburan bawang goreng yang renyah.

Jadi mau coba makanan khas Semarang berkuah yang mana? Coba buat daftarnya dulu dan cari sampai ketemu, ketika Anda berpetualang ke kota jamu ini. Dijamin semua makanan tersebut punya rasa yang tak akan terlupakan.